Jumat, 18 Mei 2012

Hedgehog - Landak Mini - Lucu dan Imut Banget


Siapa yang tidak tahu dengan binatang yang satu ini? Ya, landak. Landak adalah binatang yang terkenal dengan duri-duri di sekitar tubuuhnya untuk melindungi diri. 


Biasanya binatang ini dijauhi karena tajamnya duri tersebut. Tapi tahukan Anda bahwa ada jenis landak yang ternyata sangat lucu dan menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan. Jenis tersebut adalah landak mini. 


Adapun klasifikasi landak mini adalah sebagai berikut :
Kingdom    : Animalia
Phylum      : Chordata
Class            : Mammalia
Order          : Erinaceomorpha
Family        : Erinaceidae
Subfamily  : Erinaceinae
Genera        : Atelerix, Erinaceus, Hemiechinus, Mesechinus, Paraechinus
Landak mini yang sedang populer di Indonesia saat ini adalah jenis Atelerix albiventris.
 Landak mini atau Hedgehog Kini semakin digemari masyarakat. Beberapa keunikan dimiliki hewan mini ini. Selain bentuknya yang seukuran telapak tangan, warna dan jenisnnya pun beragam. Hewan ini memiliki sifat pasif.  Ia akan menggulung diri membentuk sebuah bola jika ada ancaman di dekatnya. Binatang ini beradaptasi di lingkungan baru dengan menjilati tubuhnya. Bau tubuhnya jadi sama dengan lingkungan.
Pemeliharaan hewan jenis ini tidaklah serumit memelihara hamster. Binatang ini dapat disimpan di sebuah kandang tanpa desain khusus. Tempat makan dan minumnya pun hanya dari serpihan kayu. Cara membersihkan landak mini ini hanya dengan shampo bayi dan sikat. Meski berduri, binatang ini tak berbahaya. Duri yang panjangnya hanya satu centimeter itu ternyata lebih lunak. Orang yang memegangnya tak perlu takut akan dilukai. Selain di Indonesia, landak mini bisa ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru. Harga seekor anak landak mini usia dua bulan, cukup mahal. Yakni, Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu.
So, landak mini memang cocok sekali untuk dijadikan peliharaan di rumah. Namun, harganya itu yang sering membuat beberapa orang ragu untuk membelinya, termasuk saya. Terserah Anda mau membelinya atau tidak, tapi hamster mini ini memang benar-benar imut dan lucu bgt hehe : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar